Capaian Pembelajaran Lulusan
a. Sikap
1) bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
2) menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,
dan etika;
3) berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
4) berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
5) menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta
pendapat atau temuan orisinal orang lain;
6) bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
7) taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
8) menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
9) menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara
mandiri; dan
10) menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
b. Pengetahuan
1) Menguasai konsep dan prinsip didaktif-pedagogis matematika serta keilmuan matematika untuk merencanakan pembelajaran inovatif berbasis IPTEKS
2) Menguasai konsep dan prinsip didaktif-pedagogis matematika serta keilmuan matematika untuk melaksanakan pembelajaran inovatif berbasis IPTEKS
3) Menguasai konsep dan prinsip didaktif-pedagogis matematika serta keilmuan matematika untuk melakukan evaluasi pembelajaran inovatif berbasis IPTEKS
4) menguasai konsep matematika yang diperlukan untuk melaksanakan pembelajaran di satuan pendidikan pendidikan dasar dan menengah
5) Menguasai konsep matematika yang diperlukan untuk studi ke jenjang berikutnya
6) Menguasai metodologi penelitian pendidikan matematika
7) menguasai konsep dan prinsip publikasi karya ilmiah untuk mempublikasikan hasil
penelitian pendidikan matematika dalam jurnal ilmiah
8) memiliki pengetahuan dasar kewirausahaan berbasis TIK untuk mengelolah pembelajaran
matematika yag lebih berkualitas
9) Mengkaji keilmuan Islam Ahlussunnah Wal Jamaah dan mengaktualisasikan dalam
kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara serta dalam pergaulan dunia
Internasional.
c. Keterampilan Umum
1) mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks
pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
2) mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
3) mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan
teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan
keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan
solusi, gagasan, desain atau kritik seni,
4) menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
5) mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di
bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
6) mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega,
sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
7) mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi
dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang
berada dibawah tanggungjawabnya;
8) mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah
tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan
9) mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data
untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
10) mampu membuat desain kewirausahaan dan mengaplikasikan pengelolaan bisnis untuk
memberdayakan masyarakat yang mandiri dan sejahtera.
d. Ketrampilan Khusus
1) Mampu mengaplikasikan konsep dan prinsip didaktik pedagogis matematika serta
keilmuan matematika untuk merencanakan pembelajaran inovatif dengan memanfaatkan
IPTEKS yang berorientasi pada kecakapan hidup/life skills
2) Mampu mengaplikasikan konsep dan prinsip didaktik pedagogis matematika serta
keilmuan matematika untuk melaksanakan pembelajaran inovatif dengan memanfaatkan
IPTEKS yang berorientasi pada kecakapan hidup/life skills
3) Mampu mengaplikasikan konsep dan prinsip didaktik pedagogis matematika serta
keilmuan matematika untuk melakukan evaluasi pembelajaran inovatif dengan
memanfaatkan IPTEKS yang berorientasi pada kecakapan hidup/life skills
4) Mampu mengaplikasikan konsep matematika yang diperlukan untuk melaksanakan pembelajaran di satuan pendidikan dasar dan menengah
5) Mampu mengaplikasikan konsep matematika yang diperlukan untuk studi ke jenjang berikutnya
6) Mampu mengaplikasikan konsep metodologi penelitian Pendidikan Matematika untuk merancang, melaksanakan, melaporkan hasilnya sehingga dapat digunakan sebagai
alternatif penyelesaian masalah di bidang pendidikan matematika
7) Mampu mengaplikasikan konsep publikasi karya ilmiah untuk mempublikasikan hasil
penelitian pendidikan matematika dalam jurnal ilmiah
8) Mampu mengaplikasikan pengetahuan dasar kewirausahaan berbasis TIK untuk mengelola pembelajaran matematika yang lebih berkualitas
9) Mampu mengaplikasikan pengetahuan dasar untuk perancangan media pembelajaran
inovatif berbasis TIK untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika
10) Mampu mengambil keputusan yang tepat di bidang pendidikan Matematika berdasarkan
analisis informasi dan data berbasis TIK